PENGAMATAN AYAT AL ISRA:70 DAN AL AHZAB:21 SERTA WUJUD SIKAP WARA’, ZUHUD, TAWAKKAL, DAN IKHLAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

PENGAMATAN AYAT AL ISRA:70 DAN AL AHZAB:21 SERTA WUJUD SIKAP WARA’, ZUHUD, TAWAKKAL, DAN IKHLAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Maha suci Allah yang telah menurunkan Alquran sebagtai petunjuk bagi manusia. Tidak ada keraguan sedikitpun tentang kebenaran yang ada di dalam Alquran. Alquran adalah pedoman hidup bagi muslim dan bagi seluruh manusia. Manusia diberi Allah kebisaan untuk berpikir agar dapat menjadi makhluk yang lebih tinggi derajatnya dibanding makhluk lain.
“Dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan” (Al Isra:70). Dalam ayat tersebut tersurat bahwa manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang memiliki kelebihan berupa akal, rupa, dan bentuk yang serasi. Dan juga rezeki manusia telah diatur oleh Allah, sehingga hendaknya kita bersyukur.
“Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah sholollahu ‘alaihi wa sallam suri tauladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang-orang yang mengharapkan (rahmat) Allah, dan kedatangan hari kiamat, dan dia banyak mengingat Allah” (Al Ahzab:21) menjelaskan tentang keteladanan Rasulullah SAW dan juga memberi pesan agar manusia selalu ingat kepada Allah.
Wara’ adalah meninggalkan perkara yang syubhat (samar-samar) dan meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat. Zuhud adalah sikap di mana seseorang tidak mementingkan harta kekayaan dunia. Tawakkal berarti berserah diri kepada Allah dalam menunggu sesuatu pekerjaan. Ikhlas berarti melaksanakan perbuatan semata-mata karena Allah SWT dan tidak mengharap imbalan dari siapa pun.
Sifat-sifat di atas sudah disampaikan dalam Al Isra:70 dan dalam Al Ahzab:21, di mana manusia telah diberi rezeki dan merupakan makhluk yang baik, sehingga kita harus memiliki suri tauladan yang baik pula dan juga banyak-banyak mengingat Allah SWT.

Comments